Saturday, October 21, 2023

KEGIATAN SOBA SATE #4 BERBAGI PRAKTEK BAIK DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA

KEGIATAN SOBA SATE #4 BERBAGI PRAKTEK BAIK DI SD MUAMMADIYAH KADISOKA

Setelah berkutat dengan kegiatan visitasi akreditasi sekolah selama 2 hari maka saya melanjutkan kegiatan soba sate #4. Tujuan saya kali ini adalah sekolah dimana anak saya menimba ilmu yaitu SD Muhammadiyah Kadisoka yang terletak di purwomartani, kalasan, sleman. SD Muhammadiyah Kadisoka merupakan sekolah unggulan di kecamatan kalasan karena banyak kejuaraan yang diikuti dan dimenangkan serta menjadi peringkat pertama saja ujian. Sebelum melakukan berbagi praktik baik, seperti biasa saya menemui kepala sekolah dan waka kurikulum untuk meminta ijin

Kegiatan berbagi ini saya lakukan pada hari jumaat pukul 15.30-16.00. Kegiatan ini pada awalnya akan dilakukan setelah sholat jum'at tapi karena kebetulan pengisi utama acara yaitu pelatihan implementasi kurikulum merdeka dari korwil sudah datang maka saya mundur setelah acara selesai. Kebetulan memang beberapa pekan ini SD muhammadiyah Kadisoka sedang melaksanakan pelatihan peningkatan kompetensi guru ditiap hari jumat. Akhirnya sambil menunggu giliran saya juga ikut menyimak materinyang disampaikan narasumber jadi bisa sekalian untuk belajar

Setelah sholat ashar saya akhirnya diberikan kesempatan oleh pembawa acara untuk menyampaikan praktek baik saya. Tidak lupa sebelum saya menyampaikan materi saya juga menjelaskan sekilas tentang kegiatan pembaTIK. Materi yang saya sampaikan masih sama Dengan sebelumnya yaitu penggunaan MPI yang sudah saya susun di pembaTIK level 3  untuk kegiatan pembelajaran. 

Saya menyampaikan bahwa teknologi yang berkembang begitu pesat sekarang bisa kita manfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran kita sehingga menjadi lebih aktif dan menarik. Tapi kita juga tidak boleh lupa bahwa anak adalah makhluk sosial sehingga kita juga harus mewadahi kepentingan mereka agar bisa bekerjasama antar jadi jangan sampai dengan adanya teknologi malah membuat anak-anak kita menjadi makhluk asosial. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran kita usahakan agar anak bisa selalu saling bekerjasama antar teman untuk mengasah rasa empati dan gotong royong mereka. 

Karena hari sudah sore maka acara ditutup tanpa foto bersama karena bapak ibu guru juga sudah lelah dan harus segera pulang kerumah Masing-masing. Saat penutupan pembawa acara mengucapkan terimakasih dan mendorong bapak ibu guru untuk semangat dalam berkarya apalagi yang masih sangat muda-muda.Sebelum pulang sekali lagi saya ucapkan terimakasih sambil berjabatan tangan dengan guru-guru sekaligus pamit pulang, tak lupa para guru mengucapkan selamat atas lolosnya saya masuk level 4 dan memberikan semangat. 

Hari ini sungguh memberi semangat baru kepada saya bahwa sekolah tempat anak saya belajar begitu mendukung apa yang saya lakukan bahkan beberapa guru tadi sudah menunggu sejak awal.


FOTO-FOTO KEGIATAN

Kegiatan pembuka

Penjelasan kegiatan praktik baik


Memberi link MPI untuk dibuka oleh guru


Menunjukkan tampilan MPI


Tepuk-tangan pada kegiatan penutup


SOSIALISASI DI MEDIA SOSIAL

Sosialisasi di Facebook


Sosialisasi di Instagram

 

#pusdatinkemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#BLPTKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
#akunbelajar.id
#sahabatteknologikemendikbudristek
#PembaTIK2023
#PembaTIKlevel4

KEGIATAN SOBA SATE #4 BERBAGI PRAKTEK BAIK DI SD MUHAMMADIYAH KADISOKA

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

google.com, pub-9048670304348227, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Back To Top