Tuesday, October 10, 2023

Pelatihan Mandiri di PMM sebagai sarana pengembangan profesi guru

 

Pelatihan Mandiri sebagai sarana pengembangan profesi guru

 

Sebagai seorang guru tentu kita sudah tidak asing lagi dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform  edukasi yang diluncurkan oleh  Kemendikbudristek pada 11 Februari 2022  (Merdeka Belajar Episode 15) sebagai salah  satu dukungan dalam Im Platform Merdeka Mengajar merupakan platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang penerapan Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka plementasi  Kurikulum Merdeka.

Salah satu menu dari PMM untuk kegiatan pengembangan diri guru adalah Pelatihan Mandiri. Pelatihan Mandiri memuat berbagai materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Kita sebagai pendidik. Materi dibuat singkat untuk memudahkan guru dalam melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun melalui gawai Android yang terkoneksi dengan internet.

Melalui Pelatihan Mandiri, Kita dapat mempelajari beragam materi untuk meningkatkan kompetensi profesional Kita sebagai pendidik. Keunggulan materi pada Pelatihan Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Materi dirancang oleh para ahli agar relevan dan dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari
  2. Materi dirancang singkat untuk memudahkan Kita dalam melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun.

Dalam Pelatihan Mandiri, terdapat tiga halaman, yaitu: 

  1. Untuk Kita (Pelatihan Mandiri)

Pada halaman Untuk Kita, Kita dapat melihat:

  1. Menu Rekomendasi Belajar berbasis Rapor Pendidikan
  2. Menu Progres Topik  untuk melihat sudah sampai tahap mana topik Pelatihan Mandiri yang sedang Kita Kerjakan 
  3. Menu Webinar untuk melihat jadwal webinar yang akan membahas topik-topik Pelatihan Mandiri bersama para ahli dan guru lain di seluruh Indonesia lewat Zoom
  1. Topik 

Tersedia berbagai topik Pelatihan Mandiri yang dapat Kita pilih untuk dikerjakan. Sekarang sudah berjumlah total 42 topik yang bisa diselesaikan di PMM

  1. Aksi Nyata

Aksi Nyata adalah bentuk praktik pemahaman Kita terhadap topik yang dipelajari dalam Pelatihan mandiri. Aksi Nyata berbentuk dokumen PDF yang diunggah oleh guru sebagai syarat dalam menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri.

Pada halaman Aksi Nyata, Kita dapat melihat Aksi Nyata yang telah diunggah oleh rekan guru di seluruh Indonesia. Akan tetapi, Kita belum bisa melakukan pencarian secara khusus terhadap Aksi Nyata dengan topik atau tema tertentu.

Tahapan dalam Mengerjakan Pelatihan Mandiri

Untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri, ada beberapa tahapan yang harus Kita lakukan:

  1. Pelajari dan selesaikan semua modul yang ada dalam topik tersebut. Setiap modul memiliki materi, aktivitas, serta Post Test yang perlu dipelajari dan dikerjakan.
  2. Laksanakan Aksi Nyata untuk mendemonstrasikan pemahaman dari semua modul yang Kita pelajari dalam satu topik. Kemudian, tuangkan Aksi Nyata ke dalam dokumen tertulis dalam format PDF (maksimal 10 MB) dan unggah ke platform Merdeka Mengajar.

Demikian artikel singkat tentang pelatihan mandiri. Mari kita kembangkan diri kita sebagi guru dengan memanfaatkan pelatihan yang sudah disiapkan pemerintah tanpa kita harus pergi kemanapun.

Pelatihan Mandiri di PMM sebagai sarana pengembangan profesi guru

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

google.com, pub-9048670304348227, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Back To Top