Tuesday, October 10, 2023

PMM: Perangkat Ajar, solusi bagi guru untuk masalah administrasi pembelajaran

 

Perangkat Ajar, solusi bagi guru untuk masalah administrasi pembelajaran

Sebagai guru, tentunya tak lepas dari masalah administrasi mengajar mulai dari modul ajar/RPP, perangkat assessmen maupun LKPD. Salah satu menu yang tersedia pada platform Merdeka Mengajar yang bisa membantu guru untuk mengatasi masalah itu adalah menu perangkat ajar. Menu perangkat ajar dalam platform Merdeka Mengajar berisi kumpulan perangkat ajar. Guru dapat menggunakan Perangkat Ajar untuk mencari referensi atau inspirasi materi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan muridnya. Hingga saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka.

Melalui produk Perangkat Ajar, para guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pengajaran sesuai dengan domain dan fase mengajar. Setiap perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran yang memudahkan navigasi proses pembelajaran. Semua perangkat ajar yang tersedia di platform Merdeka Mengajar sudah sesuai dengan prinsip pembelajaran paradigma baru dari Kemendikbudristek.



Terdapat dua fitur utama pada Perangkat ajar, yaitu pencarian perangkat ajar dan perangkat ajar yang disimpan. Kita dapat mencari perangkat ajar berdasarkan jenis perangkat ajar, fase, dan mata pelajaran tertentu. Menu yang bisa kita cari adalah modul dan bahan ajar, buku dan modul projek. Sementara itu di menu perangkat ajar yang disimpan ada Modul Ajar (RPP+), Bahan Ajar, dan Modul Projek.


Perbedaan Modul Ajar (RPP+), Bahan Ajar, dan Modul Projek.

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.

Bahan ajar merupakan materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video). Bahan ajar diharapkan dapat membantu pemahaman yang lebih komprehensif untuk suatu topik bahasan pada suatu mata pelajaran.Dalam Platform Merdeka Mengajar, Bahan Ajar juga dapat dikatakan sebagai material pendukung dari Modul Ajar yang didasarkan pada capaian dan tujuan pembelajaran spesifik. Jenis bahan ajar bisa berupa:

  1. Referensi materi:Perangkat yang dirancang untuk membantu dalam penjelasan materi atau topik secara spesifik.
  2. Latihan/asesmen:Perangkat yang dirancang untuk membantu asesmen siswa, baik asesmen diagnostik, formatif, maupun sumatif. 
  3. Instrumen Refleksi: Alat bantu untuk refleksi pendidik dan siswa setelah pembelajaran.
bapak ibu berikut adalah keungulan perangkat ajar


Modul Projek  merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Modul projek bertujuan untuk menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui tema-tema strategis bersifat lintas disiplin, yang ditentukan oleh Kemendikbudristek.

  • Perangkat Ajar bisa diakses secara offline/luring sehingga Anda bisa mengakses perangkat ajar pada platform Merdeka Mengajar kapan pun tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet. Untuk mengakses perangkat ajar secara offline Anda perlu mengaktifkan akses offline dengan cara berikut: 
    1. Pada laman Tersimpan, Pilih folder yang ingin Anda akses secara offline
    2. Klik tombol Akses Offline
    3. Klik Aktifkan Akses Offline
    4. Semua perangkat ajar yang ada di dalam folder tersebut akan terunduh
    5. Kini, Anda dapat mengakses perangkat ajar yang ada di dalam folder tersebut tanpa koneksi internet.

Nah ayo bapak ibu, manfaatkan kemudahan yang sudah disediakan oleh pemerintah di PMM untuk menunjang pembelajaran kita

 

PMM: Perangkat Ajar, solusi bagi guru untuk masalah administrasi pembelajaran

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

google.com, pub-9048670304348227, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Back To Top