Tuesday, October 10, 2023

Assesmen murid, menu PMM yang memudahkan guru melakukan assesmen


Assesmen murid, menu PMM yang memudahkan guru melakukan assesmen

Kegiatan pembelajaran tidak akan pernah lepas dari yang namanya assesmen. Nah bapak ibu salah satu menu di PMM yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan assesmen pada siswa kita adalah menu assesmen murid. Asesmen murid menyediakan rekomendasi soal asesmen berdasarkan fase (kelas) dan mata pelajaran tertentu untuk membantu Anda melakukan penilaian kepada murid-murid di kelas. Sebelum mempelajari bagaimana cara menemukan soal asesmen yang tepat, mari mengenal lebih dekat menu Asesmen Murid. Asesmen Terdiri dari Asesmen Pembelajaran dan AKM Kelas. Anda dapat mencari dokumen Asesmen Pembelajaran dan menggunakan AKM Kelas



Nah berikut  cara menggunakan assesmen pembelajaran

1.    Klik Asesmen Murid pada halaman Beranda platform Merdeka Mengajar

2. Klik Cari Asesmen Pembelajaran 

3. Di halaman Asesmen Pembelajaran, pilih fase dengan cara klik kolom fase, lalu pilih jenjang dan fase yang diinginkan. Kemudian klik Pilih.

4. Selanjutnya, klik Pilih mata pelajaran. Lalu, masukkan kata kunci mata pelajaran yang diinginkan di kolom pencarian, pilih mata pelajaran, kemudian klik Pilih.

5. Setelah memilih fase dan mata pelajaran yang diinginkan, klik Cari Asesmen.

6. Daftar judul asesmen yang berkaitan dengan fase dan mata pelajaran yang Anda pilih akan muncul. Klik pada salah satu judul yang Anda inignkan untuk melihat detail asesmen.

7. Di halaman Detail Asesmen, Anda dapat melihat Capaian dan Tujuan Asesmen serta Rincian Asesmen. Anda dapat melihat dokumen asesmen dalam bentuk PDF dengan menekan tombol Lihat Berkas.

8. Anda juga dapat mengunduh dokumen asesmen ke memori gawai Anda dengan menekan tombol UnduhBerkas.


Nah bagaimana dengan soal AKM.  soal AKM bisa dipilih berdasarkan fase (kelas) dan mata pelajaran (literasi atau numerasi), kini Anda bisa membagikan asesmen tersebut kepada murid. Pembagian soal AKM Kelas terdiri dari dua cara,  yaitu Online dan Offline.

Berikut cara jika ingin membagikan soal secara online

1.        Masuk ke Asesmen Murid pada Beranda platform Merdeka Mengajar.

2.        Klik Cari AKM Kelas.

3.        Pilih AKM Kelas yang sesuai dengan target distribusi kelas dan mata pelajaran.

4.        Klik Gunakan Asesmen Ini.

5.        Pilih cara menggunakan Online, lalu klik Lanjut.

6.        Pilih kelas tujuan (Kelas yang dipilih boleh saja belum ditambahkan murid sama sekali (daftar murid masih 0), lalu klik Lanjut. ...

7.        Klik Buat Tautan

8.        Anda dapat menyalin tautan soal asesmen untuk dibagikan ke murid-murid atau membagikannya melalui grup Whatsapp kelas atau kanal media sosial lainnya.

9.        Pesan teks Whatsapp akan otomatis berbunyi seperti gambar di bawah. Pastikan Anda memberitahu waktu maksimal pengumpulan AKM Kelas ini karena tautan asesmen akan kedaluarsa 3 hari setelah dibuat.

10.    Selain itu, pastikan kepada murid Anda bahwa nomor ID soal AKM Kelas tidak dihapus atau diubah. Jika nomor ID tidak sengaja terhapus, maka minta murid untuk klik kembali tautan soal AKM Kelas yang ada di grup Whatsapp.

11.     Jangan khawatir jika Anda melihat daftar murid di kelas masih 0 (nol). Sebab, jika belum ada murid yang mengerjakan dan melakukan submit AKM Kelas, daftar murid belum terisi. 

12.    Jika sudah ada murid yang mengerjakan soal AKM Kelas dan periksa kembali kelas yang telah Anda berikan soal AKM Kelas di atas. 

13.    Perlu diketahui bahwa terdapat jeda waktu beberapa menit antara murid melakukan submit jawaban AKM Kelas, dengan masuknya data murid ke kelas. Hal ini adalah wajar, silakan cek kelas secara berkala untuk mengetahui apakah sudah ada data murid yang masuk atau belum.

14.    Jawaban AKM Kelas murid siap Anda periksa. Untuk mengetahui cara memeriksa dan menilai AKM Kelas

Selanjutna jika kita ingin membagikan Soal AKM Kelas Secara Offline maka kita bisa melakukan langkah berikut

1.        Pilih Asesmen yang akan digunakan

2.        Klik Gunakan Asesmen Ini

3.        Pilih Offline, lalu klik Lanjut

4.        Klik Lanjut Unduh

5.        Anda dapat mengunduh berkas soal dan kunci jawaban dalam bentuk PDF untuk kemudian dicetak dan dibagikan langsung kepada murid Anda secara tatap muka.

Bapak ibu demikian artikel singkat mengenai assesmen murid di PMM. Semoga bermanfaat dan kita dapat kita pergunakan sebaik-baiknya apa yang sudah ada di PMM.

 

 

 

 

Assesmen murid, menu PMM yang memudahkan guru melakukan assesmen

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

google.com, pub-9048670304348227, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Back To Top