Thursday, October 12, 2023

Siap menyongsong PembaTIK level 4


 

Tak terasa kegiatan PembaTIK sudah memasuki level  4. Saat melihat pengumuman lolos ke level 4 kemarin sungguh suatu hal yang sangat mengejutkan. Berawal hanya diajak rekan kerja ternyata bisa sampai sejauh ini. Masih bercampur senang dan bingung, senang karena bisa melanjutkan level, bingung karena harus mengutak atik tugas di level 4 ini. Setelah menjalani kuliah umum dan sinkronisasi kelas pembatik DIY barulah mulai terfikirkan apa yang harus saya kerjakan di level 4 ini. Pada level ini kami mendapat julukan sebagai Sahabat Teknologi DIY 2023. Tugas kami adalah melakukan inovasi pembelajaran mengggunakan platform teknologi yang bersifat student centered dan membagikan praktik baik yang kami lakukan pada komunitas atau guru-guru sekitar kami. Kami juga harus mensosialisasikan PMM sebagai salah satu platform teknologi yang resmi dari pemerintah yang bisa dimanfaatkan guru dalam menunjang proses pembelajaran.

Akhirnya saya memberi nama kegiatan sosialsasi dan berbagi saya dengan nama kegiatan “SOBA SATE”, akronim dari Sosialisasi dan Berbagi bersama Sahabat Teknologi. Semoga kegiatan saya ini bermanfaat untuk saya, murid saya dan guru-guru sekitar saya.walaupun banyak kekurangan dan kelemahan tapi saya yakin ‘Man Jadda wajada’, barang siapa bersungguh-sungguh pasti berhasil. Hidup adalah tentang bagaimana kita bisa bermanfaat bagi orang lain dengan berbagi. Dengan berbagi apa yang kita miliki bukan berkurang tapi akan bertambah sesuai dengan hadist dari Rosulullah bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta, ter4masuk disini adalah sedekah ilmu.  Berbagi dengan sesama juga akan mengurangi rasa stres dan membuat hidup menjadi lebih menyenangkan.produksi hormon dopamin di dalam otak akan meningkat ketika kita bahagia, dalam berbagi. Di saat bersamaan, produksi hormon oxytocin akan ditekan, sehingga stres dapat dihindari.

Dengan langkah yang pasti dan semangat, maka saya Siap Menyongsong PembaTIK level 4

 

 


Siap menyongsong PembaTIK level 4

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

google.com, pub-9048670304348227, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Back To Top