Sunday, October 15, 2023

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PLATFORM TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

 
IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PLATFORM TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN - Hari ini adalah hari Kamis, kegiatan yang akan saya lakukan adalah implementasi penggunaan platform teknologi dalam pembelajaran. Saya menggunakan MPI yang saya buat pada level 3 pada materi pencerminan. MPI itu memang sengaja sudah saya buat dengan menganalisis dari masalah yang ada di sekolah. Sebelumnya kegiatan pembelajaran materi refleksi ini hanya menggunakan metode ceramah lalu menyuruh siswa untuk menghafal rumus lalu mengerjakan soal. Akibatnya anak mudah sekali lupa sehingga saya membuat MPI ini dengan menggabungkan model discovery learning dan teknologi. MPI dibuat dengan memperhatikan sintak dari discovery learning dan menggabungkan unsur audio yang nanti diharapkan bisa mengakomodasi diferensiasi gaya belajar siswa.

Kegiatan pembelajaran diawali dengan doa, presensi ,motivasi, dan tujuan pembelajaran
Setelah memberikan apersepsi pembelajaran, guru memberikan link dari MPI untuk dibuka siswa secara berkelompok. Guru juga menjelaskan jika kegiatan boleh dilakukan diluar atau di dalam yang penting masih di sekitar kelas. Hal ini dikarenakan untuk memberikan suasana yang berbeda dalam pembelajaran dan mengajari siswa bahwa belajar bisa dilakukan dimana saja sekaligus mengajari mereka untuk bertanggung jawab dengan pembelajaran mereka. Setelah mempelajari materi siswa mengerjakan uji pemahaman yang ada di MPI untuk menguji pemahaman mereka. 


Kegiatan dilanjutkan dengan mengerjakan LKPD secara berkelompok dengan bimbingan guru. Tiap kelompok berdiskusi tentang simulasi yang sudah mereka amati tadi untuk mengerjakan LKPD. Setelah selesai mereka mengerjakan latihan soal untuk menambah kemantapan materi. 


Kegiatan penutup di isi dengan refleksi. Guru menanyakan pada siswa apakah mereka senang belajar hari ini dan siswa menjawab senang karena merasa dengan MPI yang mengandung sintak discovery learning mereka jadi lebih paham konsep dari materi pencerminan. Setelah refleksi guru menyampaikan materi untuk selanjutnya dan ditutup dengan doa dan salam. 


Terimakasih anak-anak kelas 9C Semoga dengan MPI ini bisa bermanfaat untuk kalian dan lebih senang dalam belajar

 

FOTO KEGIATAN 



Diskusi Kelompok

Diskusi Kelompok

 
Mengerjakan Quizizz

#pusdatinkemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#BLPTKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
#akunbelajar.id
#sahabatteknologikemendikbudristek
#PembaTIK2023
#PembaTIKlevel4

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PLATFORM TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

google.com, pub-9048670304348227, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Back To Top